Melindungi Bagian Pasar

Sementara mencoba perluasan pasar , perusahaan yang mendominasi tetao harus melindungi usahanya secara terus menerus dari serangan lawan lawannnya . Pmeimpoin adalah bagaikan gajah besar dalam sekelompok gajah yang di ganggu oleh kawanan lebah . lebah terbesar terus menerus menggangu gajah si pemimpin . Coca-Cola harus mempertahankan diri dari Pepsi Cola ; Pisau silet (Gilette)terhadap Nacet ; Kodak terhadap Fuji ; Hertz terhadap Avis Kentucky Fried Chicken melawan Texas Fried Chicken dan Toyota Melawan Honda , Bir Bintang terhadap Anker atau Lux terhadap Palmolive , Indio Mie terhadap Mie sedap .


Untuk itu apa yang harus dilakukan  perusahaan yang memimpin dalam mempertahankan daerah kekuasannya ? Jawabannya yang paling konstruktif ialah Pembaharuan (inovation)yang terus menerus . pemimpin sebaiknya menghindari rasa puas pada posisi saat ini dan justru menguasai industri dengan gagasan prosuk baru , pelayanan konsumen yang baik ,efektifitas distribusi dan pengendalian biaya . Pmeimpin pasar harus selalu menignkatkan efektifitas persaingan dan nilai bagi kepentingan konsumen .perusahaan pemimpin in harus menerapkan "kaidah Ofensional militer " yaitu : komendan yang memegang inisiatif ,menetapkan kecepatan langkah dan memanfaatkan kelemahan lawan . Pertahanan lawan terbaik adalah serangan cermat .
walaupun tidak melancarkan serang ,perusahaan yang dominan  paling sedikit harus menjaga usahanya dari segala penjuru ,dan jangan sampai ada celah terbuka yang bisa di masuki lawan .perusahaan in harus memepertahankan agar biaya tetap rendah serta harga seimbang dengan tingi rendahnya nila yang di lihat oleh konsumen . Pemimpin semestinya "menambal setiap lubang " sehingga lawan tidak bisa masuk kedalam nya .Jadi perusahaan yang memimpin di bidang usaha produk-konsumsipdalam-kemasan akan memeproduksi merknya dalam berbagai ukuran dan bentuk agar kebutuhan konsumen yang beragam dapat terpenuhi dan mendapat sebanyak mungkin tempat di rak rak pajangan toko .

Persaingan berat di seluruh dunia yagn terjadi beberapa terakhir ini makin mengobarkan minat manageman pada model perang militer. Dam terutama  terjadi seperti yang di gambarkan dalam tulisan tulisan Sun Tsu, Mushashi, Von Clausewitz dan Liddel Hart . Perudahaan pemimpin , seperti  halnya memimpin bangsa pemimpin , sebaiknya melindungi keinginan dan uasaha mereka dengan strategi strategi seperti :

  1. Menyerempet Bahaya
  2. Pembalasan dengan besar besaran 
  3. Perang Terbatas
  4. Reaksi Bertahap 
  5. Diplomasi Kekerasan
  6. Sistem Ancaman 





These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment