Mengembangkan Keseluruhan Pasar

Bila pasar berkembang , biasanya perusahaan Dominanperusahaan ini mampu mengendalikan pesaing pesaing yang lain serta memiliki banyak pillihan dalam menentukan strategi lah yang memperoleh manfaat terbanyak. Bila orang orang amerika membeli sepuluh juta mobil ,dan bukannya delapan juta , maka General motors lah yang akan banyak memetik manfaat karena saat ini ia memproduksi lebih dari separuh mobil dalam negeri yang terjual di Amerika Serikat. General motorslah akan lebih banyak memperoleh keuntungan bila berhasil meyakinkan lebih banyak orang Amerika agar memiliki mobil , atau lebih banyak memiliki mobil per keluarga, atau juga lebih sering mengganti mobilmya. Pada dasarnya perusahaan yang memimpin akan mencari Pemakai baru, Kegunan Baru dan Pengguna yang lebih banyak atas produknya.


Pemakai baru .    Setiap kelas produk mempunyai peluang untuk menarik pembeli yang belum kenal pada produknya atau yang menolaknya karena masalah harga atau kurangnya ciri tertentu pada produknya. Perusahaan dapat memakai pemakai baru di kalangan tiga kelompok besar , di antaranya adalah
1.Strategi Penerobosan Pasarmenyakinkan konsumen yang tidak mengenal produk untuk dapat menggunakannnya
2.Strategi Pasar Barumenyakinkan konsumen yang merupakan di luar target sasaran untuk dapat menggunakannnya dengan melalui penawaran khusus
3.strategi Perluasan Geografismenyakinkan konsumen yang berada di luar batas target sasaran pasar dengan melalui penawaran khusus
untuk lebih jelasnya berikut merupakan bentuk dari realita fakta kejadian tentang perbedaan dalam strategi tersebut.
sebagai misal ,Produsen parfum dapat meyakinkan wanita yang tidak menggunakan parfum untuk mulai memakainya parfum itu ; ini di sebut dengan Strategi Penerobosan Pasar.atau , mencoba membujuk pria untuk mulai menggunakan parfum ; cara ini disebut dengan Strategi pasar baru .Terakhir adalah menjual parfum ke daerah/negara lain atau di namakan dengan Strategi Perluasan Geografis.

Salah satu cerita sukses mengenai pengembangan pasar kelas pemakai baru ialah Shampoo bayi jhonson dan johnson ,yatiu meek shampoo bayi  yang paling terkenal. Melihat penurunan tingkat kelahiran , perusahaan mulai resah memikirkan masa depan dari perusahaan pertumbuhan penjualan . Orang orang memasarkan perusahaan ini menyadari bahwa anggota kelaurga yang lain  - selain bayi - kadang kadang membersihkan rambut mereka dengan shampoo bayi ini . Maka pihak managemen segera memutuskan untuk mengembangkan kampanye periklanan dengan sasaran orang dewasa . Dalam waktu pendek shampoo bayi johnson & johnson berubah menjadi merk pemimpi dalam seluruh pasar shampoo.
contoh lain adalah

Boeing menghadapi kemunduran yang mencolok dalam pesanan Jumbo jet B-747 adalah perusahaan penerbangan menyatakan jumlah pesawat Jumbo cukupo untuk melayani pasar yang ada .
Boeing menyimpulkan bahwa kunci pokok bagi kenaikan penjualan Boeing -747 adalah membantu perusahaan penerbangan dalam memikat lebih banyak orang untuk terbang . Saat ini kebanyakan perusahaan penerbangan saling bersaing hebat dan lebih berebut konsumen dari yang ada dari pada berusaha untuk menarik konsumen baru . Boeing mulai menganalisis segmen yang potensial dan sampai pada kesimpulan  bahwa masyarakat golongan pekerja tidak banyak terbang walau biayanya terjangkau . Karena itu Boeing menganjurkan kalangan perusahaan dan biro jasa perjalanan agar mencoba menawarkan satu paket wisata carteran pada serikat serikat buruh ,kelompok agama (untuk pakaian)dan kelompok kelompok lain .  Strategi ini pernah di jalankan di Eropa dan berhasil ; rasanya akan berhasil juga bila di terapkan untuk program pasar pengembangan di Indonesia .

Kegunaan Baru .    Pasar bisa di perluas dengan jalan menemukan dan mengenalkan keguanaan baru dari suatu produk .Misalnya ,rata rata orang Amerika makan pagi dengan menggunakan cereal kering tiga hari dalam seminggu. Perusahaan cereal akan menambah hasil penjualan bila berhasil mengajak konsumen untuk makan cereal pada kesempatan lain di siang hari .Jadi dengan beberapa jenis cereal harus di perkenalkan sebagai makanan (snack)sehingga frekuensi penggunaan produk bisa meningkat, Di Indonesia , juga Unilever sibuk untuk mengkampanyakan Blue Band ,   sebagai suatu yang melezatkan masakan bila di campurkan kedalamnya atau di pakai untuk menggoreng/menumis dengan iklan iklan maupun demnstrasi demontrasi , dan usaha untuk memperkenalkan kegunaan baru in memeng berhasil meningkatkan penjualan Blue Band.

Nylon buatan Du Pont mempunyai satu cerita klasik mengenai perluasan kegunaan baru . Setiap kali Nylon menjadi suatu produk yang jenuh , beberapa penggunaan baru di temukan  Pada awalnya Nylon di gunakan sebagai serat sintesis untuk payung parasut; kemudian sebagai serat untuk kaos kai , berikut nya sebagai bahan pokok untuk wanita dan pria dan berikutnya  lagi berhasil ke industri ban ,kain pelapis kursi dan juga permadani . Setiap kegunaan baru memebuat produk masuk kedalam sklus hidup produknya yang baru. Yang berjasa dalam hal ini adalah  : program pelatihan  dan pengambangan Du Pont yang di lakukan secara berkesinambungan agar menemukan kegunaan baru .
pada beberapa kejadian lain , konsumen banyak menyumbang gagasan bagi penemuan kegunaan baru . Minyak vaselin , misalnya , pertama kali hanya berfungsi sebagai pelumas mesin yang sederhana  . Selama bertahun tahun dari kalangan pemakai di laporkan  kegunaan minyak tersebut , seperti minyak gosok baru , obat luka ,dan sebagai minyak rambut .

Perusahaan pembuat soda kue terkenal , Arm & Hammmer , memasarkan satu produk dengan tingkat penjualan yang stabil selama 125 tahun . Soda kue dapat di gunakan untuk berbagai keperluan , tetapi pernah ada yang di iklankan . Suatu saat perusahaan melihat beberapa konsumen menggunakan nya sebagai penyerap bau pada almari pendingin . Kemudian kampanye publisitas dan iklan di selenggarakan secara besar besaran untuk memperkenalkan fungsi baru ini . Kampanye in sangat berhasil dengan bukti separuh rumah di Amerika menaruh soda kue ini dengan bungkus terbuka di dalam almari pendingin mereka . Beberapa tahun kemudian , Arm &Hammer menemukan lagi beberapa konsumen menggunakan soda kue untuk memadamkan api dapur . Promosi di lakukan lagi dan ternyata berhasil .

Mengikuti penggunaan produk oleh konsumen adaah kewajiban perushaaan yang harus terus menerus dilakuakan  .Prinsip ini berlaku bagi produk konsumsi maupun prosuk industri . Hasil penelitian Von Hippel menunjukan bahwa sebagian penemuan produk industri pada mulanya lebih bayak di dapat dari gagasan konsumen daripada gagasan di laboratorium penelitian perusahaan . Kenyataan ini menegaskan kembali  pentingnya penelitian pemasaran sebagai sumbangan bagi keuntungan dan pertumbuhan perusahaan .

Penggunaan yang lebih banyak .   Strategi untuk pengembangan pasar ialah menyakinkan masyarakat konsumen agar menggunakan prosuk lebih banyak  pada setiap kesempatan .Bila perusahaan cereal dapat menyakinkan para pembelinya agar makan cereal semangkuk penuh , dan bukannya setengah mangkuk , maka bisa di jamin hasil penjualan akan melonjak tinggi . Procter & Gamble menasehati para konsumennnya agar setiap kali mencuci rambut dengan shampoo Head & Shoulders , mereka mengulangi lagi sehingga menjadi dua kali , karena akan lebih efektif dari pada hanya satu kali .

Satu contoh kreatif mengenai perusahaan yang mendorong pemakaian yang lebih banyak perkesempatan ialah Michelin Tire Company dari perancis . Michelin menginginkan agar setiap pemilik mobil di Perancis mengendarai mobilnya lebih sering pertahun - karena dengan demikian penggantian ban mobil akan lebih sering pula . Mereka menyusun suatu gagasan untuk menggolangkan restoran Perancis dengan sistem Tiga bintang . Di laporkan bahwa kebanyak restoran yang baik terletak di daerah Perancis Selatan , sehingga menggugah banyak orang Paris untuk ber akhir pekan di Perancis Selatan .
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment