Carter Pilar . Carterpillar telah mendominasi industry alat
alat konstruksi sejak tahun 1940 an . Dengan cat berwarna kuning nya Traktor ,
Crawler (Ban Rantai) dan alat pemuat (Loader) bya merajai hamper di setiap
daerah pembangunan . Penjualan peralatan berat nya mencapai 50 % penjualan
seluruh dunia . Selama ini Carterpillar berhasil mempertahankan kepemimpinannya
meskipun dengan harga yang lebih tinggi dan selalu di tantang oleh para
pesaingnya , termasuk John Deere , Massey Fergusson , J.I Case , Komatsu .
kberhasiolannya merupakan gabungan dari 7 prinsip nya .
7Rahasia kepemimpinan pasar dari Carterpillar :
Ø
Kualitas tinggi . Carterpillar memproduksi
peralatan dengan kualitas tinggi dan terkenal dengan keandalannya . Dalam
pembelian peralatan industry berat, keandalan merupakan satu pertimbangan pokok
.. Untuk menyakinkan pembeli atas kualitasnya yang tinggi , Carterpllar
merancang semua peralatannya dengan ketebalan baja yang tinggi yang lebih dari
yang di butuhkan .
Ø
Sistem keagenan (dealeadership ) yang ekstensif
dan efisien . Dalam industry peralatan berat ini Carterpillar membangun suatu
system agen tunggal yang terbesar . Sebanyak 260 an agen tunggal tersebar di
seluruh dunia dan masing masing menyediakanseluruh lini produk yang lengkap .
dan dengan demikian agar dapat memusatkan seluruh perhatian pada produk
Carterpilla saja dan tidak perlu untuk menyediakan lini untuk produk lain .
Sebaliknya agen milik pesaing biasanya tidakmemiliki lini yang lengkap dan
harus mengganti lini produk komplementer yang tdiak saling bersaing .
Carterpillar dapat memilih penyalur terbaik daari sekian pelamar (untuk di
angkat sebagi penyalur harus di bayarkan uang pangkal $5.000.000) dan
menggunakan sebagian besar dana tersebut untuk kepentingan ltihan ,pelayanan
dan cara motivasi mereka .
Ø
Pelayanan terbaik . Carter pillar telah memebina
system pelayanan dan penyediaan suku cadang yang terbaik dalam industry dan
tersebar di seluruh dunia yang tak ada bandingannya . Dimanapun carterpilar
mampu mengirimkan suku cadang beserta jasa perbaikannya hanya dalam waktu
beberapa jam saja setelah keruskan perlatan . Sistem pelanyanan seperti ini
sngat berat bagi pesaing karena di buthkan investasi yang tinggi . setiap
pesaing pesaing yang meniru pelayanannya hanya akan menyamai kedudukan
Carterpillar saja dan bukannnya mengungguli nya .
Ø
Manajemen suku cadang yang terbaik . 30 persen
dari hasil penjualan dan lebih dari 50 persen keuntungan Carterpillar berasal
dari penjualan suku cadangnyha . Dalam bisnisnya Carterpillar telah mengembangkan
manajemen suku cadang yang unggul agar tingkat keuntungan dari ii tetap tinggi
.
Ø
Harga tinggi . Dengan adanya nilai yang di
peroleh pembeli , maka Carterpillar mampu menetapkan jarga dengan 10 sampai 20
persen di atas harga pesaing .
Ø
Strategi lini Produk yang lengkap . Carterpillar
selalu memproduksi lini produk yang lengkap agar pembeli cukup dating satu kali
dn bias mendapattkan segala peralatan yang di butuhkan .
Ø
Fasilitas keuangan yang baik . karena pembeli
harus menyedia dana yang besar utnuk peralatan berat , maka Carterpillar
mengatur syarat penjualan yang lunak , yang sngat beerarti bagi pelanggan .
Tags:
Strategi Market Leader
Leave a comment