Rahasia Kepemimpinan Pasar Carterpillar


Carter Pilar . Carterpillar telah mendominasi industry alat alat konstruksi sejak tahun 1940 an . Dengan cat berwarna kuning nya Traktor , Crawler (Ban Rantai) dan alat pemuat (Loader) bya merajai hamper di setiap daerah pembangunan . Penjualan peralatan berat nya mencapai 50 % penjualan seluruh dunia . Selama ini Carterpillar berhasil mempertahankan kepemimpinannya meskipun dengan harga yang lebih tinggi dan selalu di tantang oleh para pesaingnya , termasuk John Deere , Massey Fergusson , J.I Case , Komatsu . kberhasiolannya merupakan gabungan dari 7 prinsip nya .

7Rahasia kepemimpinan pasar dari Carterpillar :
Ø  Kualitas tinggi . Carterpillar memproduksi peralatan dengan kualitas tinggi dan terkenal dengan keandalannya . Dalam pembelian peralatan industry berat, keandalan merupakan satu pertimbangan pokok .. Untuk menyakinkan pembeli atas kualitasnya yang tinggi , Carterpllar merancang semua peralatannya dengan ketebalan baja yang tinggi yang lebih dari yang di butuhkan .
Ø  Sistem keagenan (dealeadership ) yang ekstensif dan efisien . Dalam industry peralatan berat ini Carterpillar membangun suatu system agen tunggal yang terbesar . Sebanyak 260 an agen tunggal tersebar di seluruh dunia dan masing masing menyediakanseluruh lini produk yang lengkap . dan dengan demikian agar dapat memusatkan seluruh perhatian pada produk Carterpilla saja dan tidak perlu untuk menyediakan lini untuk produk lain . Sebaliknya agen milik pesaing biasanya tidakmemiliki lini yang lengkap dan harus mengganti lini produk komplementer yang tdiak saling bersaing . Carterpillar dapat memilih penyalur terbaik daari sekian pelamar (untuk di angkat sebagi penyalur harus di bayarkan uang pangkal $5.000.000) dan menggunakan sebagian besar dana tersebut untuk kepentingan ltihan ,pelayanan dan cara motivasi mereka .
Ø  Pelayanan terbaik . Carter pillar telah memebina system pelayanan dan penyediaan suku cadang yang terbaik dalam industry dan tersebar di seluruh dunia yang tak ada bandingannya . Dimanapun carterpilar mampu mengirimkan suku cadang beserta jasa perbaikannya hanya dalam waktu beberapa jam saja setelah keruskan perlatan . Sistem pelanyanan seperti ini sngat berat bagi pesaing karena di buthkan investasi yang tinggi . setiap pesaing pesaing yang meniru pelayanannya hanya akan menyamai kedudukan Carterpillar saja dan bukannnya mengungguli nya .
Ø  Manajemen suku cadang yang terbaik . 30 persen dari hasil penjualan dan lebih dari 50 persen keuntungan Carterpillar berasal dari penjualan suku cadangnyha . Dalam bisnisnya Carterpillar telah mengembangkan manajemen suku cadang yang unggul agar tingkat keuntungan dari ii tetap tinggi .
Ø  Harga tinggi . Dengan adanya nilai yang di peroleh pembeli , maka Carterpillar mampu menetapkan jarga dengan 10 sampai 20 persen di atas harga pesaing .
Ø  Strategi lini Produk yang lengkap . Carterpillar selalu memproduksi lini produk yang lengkap agar pembeli cukup dating satu kali dn bias mendapattkan segala peralatan yang di butuhkan .
Ø  Fasilitas keuangan yang baik . karena pembeli harus menyedia dana yang besar utnuk peralatan berat , maka Carterpillar mengatur syarat penjualan yang lunak , yang sngat beerarti bagi pelanggan . 
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment