Jika kita sering memperhatikan dalam sistem peperangan hal
yagn paling penting sebenarnya bukan masalah kita perang dan menyerang namun
juga sistem pertahan yang sangat solid untuk dapat menjaga daerah sendiri dari
gempuran musuh . berikut merupakan penjelasan dari sistem bertahan atau lebih
di kenal dengan Kedudukan Bertahan .namun selain itu harus ada juga elemen
penting lainya yang mendukung pertahan militer sebuah perusahan di antaranya Pertahaan sisi (Flanking
Defense) ; Pertahanan Aktif mendahaului (Preemtive Defense) ; Pertahanan Serang
Balas(Counterofffensive) ; Pertahanan Mobilitas ; Aksi penciutan.
Kedudukan Bertahan .
Sistem pertahan yang paling mendasar adalah membangun kubu benteng yang
kokoh dan sulit di rebut di sekitar daerahnya .Dimasa damai orang perancis
mungkin serangan Jerman di masa yang akan datang.Tetapi seperti halnya semua
jenis pertahanan yang statis , sistem
kubu benteng ini gagal .Sekedar mempertahankan posisi saat ini saja merupakan
Satu bentuk yang di sebut dengan Rabun dekat pemasaran(Marketing
Myopia).Pandangan rabun dekat Henry Ford atas mobilnya dengan model T-nya
menggiring perusahaannnya ke tepi jurang keruntuhan kenangan ,padahal pada
sebelumnya perusahaan yang bonafitasnya patut di tiru ini mempunyai cadangan
khas sekitar satu miliar dollar. Bahkan merk yang “tahan banting” seperti
Coca-Cola dan Bayer Aspirin tidak bisa di jadikan sumber utama bagi pertumbuhan
dan laju keuntungan masa depan. Walaupun memproduksikan hampir setengah dari
produksi inuman kaleng di selluruh dunia saat ini Coca-Cola dengan agresif
memasuki biswnis anggur, membeli beberapa perushaan minuman sari buah serta
melakuakan di versifikasi usaha ke plastik dan perlengkapan pemurni air
laut/desalinasi. Jelaslah sangat tolol apabila perusahaan dominan yang sedang
di serang ,justru menaruh semua sumber dayanya pada kubu pertahaannya di
sekitas produknya yang sekarang .
Tags:
Strategi Market Leader
Leave a comment