Strategi Pemimpin Pasar

Kebanyakan industri memiliki satu perusahaan yang di kenal dengan sebutan pemimpin pasar(market leader)strategi paling jitu yang di terapkan pada perusahaan yang sedang memimpin pasar untuk tetap menjadi maju dan terus memimpin pasar.perusahaan ini memegang bagian pasar terbesar dalam pasar produkyang relevan.biasanya perusahaan lain mengikuti tindakan tindakannnya dalam hal perubahan harga,pengenalan produk baru,pencakupan saluran distribusi,dan intensitas promosi.perusahaan pemimpin ini biasa saja tidak di kagumi atau di kagumi,tetapi yang jelas ia kalangan perusahaanlain mengakui dominasinya. perusahaan ini menjadi titik pusat orientasi para pessaing; ia merupakanperusahaan yang di tantang,di tiru dan juga di jauhi/ beberapa contoh perudahaan terkenal dalam posisi ini adalah General Motors(mobil),Kodak(fotografi),U.S.Steel(baja),IBM(komputer),Xerox(mesin copy),Procker & Gamble (produk konsumen dalam kemasan)Carterpilar(buldozer),Coca-cola(minuman ringan),Sears(dagangan eceran),Mc Donalds(makanan siang),Gillete(pisau silet),dan di indonesia misalnya ASTRA (mobil),UNILEVER (sabun,mentega,pasta gigi),VIVA(kosmetik).
kehidupan perusahaan kuat ini sungguh tidak mudah , kecualli bila memang di menikmati monopoli resmi.dia harus terus menerus mempertinggi kewaspadaannya;
perusahaan perusahaan lain selalu menentang kekuatannya atau mencoba memamnfaatkan kelemahan perusahaan kuat ini . pemimpin pasar atau (Market Leader)munkgin saja bertindak lengah dan tergeser kedudukan ke no 2 atau 3.Satu pembaharuan produk bisa terjadi dan menghantam si pemimpin(misalnya obat non aspirin Tylenol di Amerika yang menggeser dominasi bayer aspirin,demikian pula terjadi dengan bodrex  yang di erkirakan menguasai pasar aspirin indonesia). pemimpin mungkin mengeluarkan biaaya secara hemat karena mengkhawatirkan datangnya jaman yang susah,sementara perusahaan penantang mengeluarkan uang dengan royal untuk promosi .perusahaan ddominan akan kelihatan kuno dengan saingan barunya yang lebih segar(pada kios penjualan majalah Femina  jatuh ke posisi no 2 seteah Sarinah.pengeluaran perusahaan dominan bisa melonjak tinggi sekali yang akhirnya akan menggerogoti  keuntungannya (karena lemahnya pengendalian biaya, Food Fair jatuh)
perusahaan yang dominan selalau ingin nomor satu,sikap ini yang memebuatnya mengambil suatu tindakan ketiga arah .pertama perusahaan harus menemuka utnuk mengembangkan jumlah permintaan keseluruhan.kedua, perusahaan harus menjaga tingkat bagian pasar yang harus di kuasai dengan cara bertahan maupun menyerang yang baik .ketiga, berikutnya nanti perusahaan dapat mencoba untuk meningkatkan bagian pasarnya meskipun luas pasar tidak berubah.

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

One Response to this post

  1. Unknown on 13 April 2012 pukul 16.22

    dsmgdflgfdl;hlfdhjldfhjljldf

Leave a comment